5 Langkah Menyelesaikan Tugas Dengan Cepat

Tugas dan tugas

Tugas merupakan suatu pekerjaan yang tiap-tiap orang miliki, tak terkecuali. Namun disini saya akan menuliskan arti tugas bagi pelajar maupun mahasiswa yang mayoritas setiap harinya membuat pusing hari-hari mereka. Tugas bagi saya merupakan hantu yang selalu bergentayangan di pikiran, hendak nyantai sejenak selalu ingat tugas. Tugas bukan pacar kenapa harus selalu di ingat tugas bukan juga orang tua kenapa harus di perhatikan. Meski bukan keduanya namun tugas tetaplah tugas yang perlu di perhatikan dan di ingat dan di kerjakan dengan tindakan nyata. Sejak SD kita slalu di bebani dengan penugasan meski ringan namun itu akan terasa sangat berat bagi kita jika kita tidak segera mengerjakannya. Saat SD pernah terpikirkan untu segera lulus dengan cepat dengan alasan yang bermacam-macam termasuk ingin segera menjauh dari tugas Yang guru SD berikan, namun apa yang terjadi setelah masuk SMP ?

"Yup" tugas yang ku pikul semakin naik level, entah itu level berapa. Semakin ke jenjang yang tinggi tugas itu akan semakin berat dan juga sulit, saat tulisan ini ku buat aku sudah menjadi mahasiswa semester 6 yang lagi mendalami ilmu Teknik Informatika. Disana aku mulai belajar untuk hal-hal baru di dunia computer namun apakah tugas itu akan menghilang begitu saja ? TIDAK dan TIDAK . Tugas yang ku pikul semakin berat bahkan lebih berat dari sebelumnya, “apa saja tugas yang harus ku selesaikan di semester 6 ini ? ”AH” Terlalu banyak untuk aku sebutkan satu-satu yang membaca ini pasti tau apa saja tugas anak IT itu, belum tau ? silahkan cari tau. Banyaknya tugas yang menjadi beban saat semester ini menjadikanku hilang semangat seperti burung yang patah sayapnya hendak terbang tak bisa, hingga bingung kemana arah tujuan yang hendak ku tuju.

Diam sejenak dan berfikir keras, kenapa aku kehilangan arah begini ? Tujuanku disini sebenarnya untuk apa ? apakah hanya karena tugas saja aku sampai begini ?.  yah pemikiran-pemikiran konyol mengenai tugas kala itu berkecamuk di benak ku. Tak mau kalah dengan tugas akhirnya aku putuskan untuk membuat Bagaimana Cara Menyelesaikan Tugas Dengan Cepat.

1.  Kerjakan Tugas Sebelum Deadline
Yah cara ini sebenarnya sudah banyak yang nyaranin namun kenapa selalu saja saran ini kita abaikan begitu saja, sebenarnya bukan hanya orang lain saja yang sering mengabaikan saran ini, namun saya juga sering mengabaikannya, dengan alasan “nanti saja masih lama juga tugasnya di kumpul”. Sebenarnya penundaan ini lah yang membuat tugas kita semakin menumpuk alangkah baiknya segera kerjakan tugas yang telah di dapatan sesegera mungkin, sehingga kita punya jeda waktu untuk mencari penjelasan mengenai kesulitan dalam tugas tersebut. Jangan anggap sepele cara yang satu ini karena cara ini benar-benar-benar ampuh dalam menyelesaikan tugas dengan cepat.

2.  Buat Target

Target disini ialah batas waktu pengerjaan tugas kalian, mahasiswa sering mendapat tugas dengan jeda waktu seminggu, namun ada juga tugas dengan waktu hitungan jam. Nah untuk menyelesaikan itu semua biasanya saya member target dalam penyelesainnya jika di beri jeda waktu satu minggu saya menargetkannya 3 hari saja harus sudah selesai namun jika diberi tugas dengan jeda waktu yang relative sedikit biasanya saya mengerjakannya secara berkelompok biar lebih cepat selesai, namun jika mengerjakannya berkelompok selalu saja ada salah satu atau salah tiga anggota kelompok itu yang hanya mengcopas hasil pekerjaan, hal itu tak berpengaruh buat saya toh yang mendapat ilmu lebih banyak pasti yang mengerjakan bukan yang seneng jiplak hasil pekerjaan. Saya sebenarnya suka juga jiplak tugas temen tapi gak semua Mata Kuliah haha.

3.  Kerjakan Tugas Yang Mudah Terlebih dahulu
Seminggu kuliah tentunya akan mendapat banyak tugas entah tugas membuat makalah, presentasi maupun tugas yang di wajibkan hanya di catat dengan tangan, Tugas ini memang sangat menyiksa, namun taukah kalian bagaimana saya mengatasi itu semua saya menggunakan teknik ini juga dalam mempercepat penyelesaian tugas yaitu menyelesaikan tugas yang kalian anggap mudah terlebih dahulu. Hal ini akan mempengaruhi ke efektifan kita dalam mengerjakan tugas selanjutnya. Point ke tiga ini sering saya lakukan ketika saya memiliki 7 hingga 8 tugas dalam seminggu, bayangkan saja bagaimana cara mengerjakannya dalam jangka waktu seminggu ? jika di hitung saya hampir tak memiliki waktu lebih untuk bersantai-santai. Namun dengan strategi ini saya lebih mudah dalam menjalani penyelesaian tugas dengan cepat.

4.  Atur Waktu Pengerjaan Tugas
Nah ini lah yang akan menjadi penentu dalam suksesnya menyelesaikan tugas dengan cepat karena waktu ialah suatu kondisi dimana kita di wajibkan untuk mengerjakan tugas yang telah di terima, dengan pengaturan waktu yang jelas dan tepat tentunya tugas itu dapat saya selesaikan dengan mudahnya meski sebenarnya itu sangat sulit untuk di kerjakan. Saya sering mngatur waktu pengerjaan tugas itu ketika malam hari sekitar jam 08.00 hingga jam 12.00 selesai gak selesai harus segera di selesaikan karena tugas yang lainnya masih menunggu untuk di kerjakan. Nah kalian bisa menerapkannya juga karena pengaturan waktu ini juga sangat efektif untuk di coba. Sehingga tugas akan mudah untuk segera di selesaikan.

5.  Buat Motivasi Penyemangat
gak di pungkiri lagi kejenuhan mengerjakan tugas itu pasti dimiliki oleh semua mahasiswa yang sehari-harinya punya tugas yang bejibun, nah disilah perlunya ada motivasi penyemangat dari diri sendiri untuk diri sendiri, kejenuhan itu dapat di obati dengan Motivasi yang kuat dari dalm diri untuk menyegerakan pengerjaan tugas, saya sering memotivasi diri sendiri entah itu motivasi yang bersifat memaksa maupun motivasi ang sifatnya membangun, cara ini akan membuat semangat saya semakin bertambah untuk segera menyelesaikan tugas yang ada.

Demikian 5 Langkah menyelesaikan tugas dengan cepat. Gak perduli seberapa sulit tugas itu namun dengan adanya cara-cara tersebut semua tgas yang kumiliki dapat kuselesaikan tepat waktu meski ada juga yang terkadang terlambat untuk di kumpul karena ada bebagai halangan dan rintangan yang menghalangi.  Anak kuliahan tentu juga banyak cara menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cepat, gak hanya terpatok pada caraku ini. Semoga cara ku ini menambah referensi dari gaya mengerjakan tugas dengan cepat

0 komentar: