Senja di Danau Seran

"Ping" Malam itu BBM berbunyi dengan sayup-sayup di keheningan kamarku, segera ku raih ponsel itu dan ku baca pesan yang masuk. pesan itu ada di multichat yang hanya beranggotakan aku dan dua kerabatku. pesan itu ingin memastikan bahwa jadi atau tidak besok kita pergi ke danau seran. ku balas chatan itu dengan nada yang pasti "jadi". dan akhirnya kami sepakat untuk menyambangi danau seran tersebut.

Danau seran merupakan danau yang ada di daerah banjarbaru kalimantan selatan, danau ini memiliki air yang sangat jernih dan di tengah-tengah danau terdapat sebuah pulau kecil. pulau kecil itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dan banyak menarik perhatia para pengunjung untuk pergi kesana. danau ini terbentuk dari lubang-lubang tambang yang sudah puluhan tahun lalu di biarkan begitu saja. siapa sangka lubang-lubang tersebut berubah menjadi danau dan menjadi obyek wisata populer di banjarbaru.

siang selepas azan zuhur berkumandang multichat "BBM kembali berbunyi , isinya menanyakan tentang kepastian, jam berapa kami berangkat ke danau seran. ku usaulkan saja jam 03.00 dan semua akhirnya setuju. 

Namanya anak indonesia selalu saja gemar akan jam karet, kami tidak berangkat jam 3 melainkan jam 3.30. hari itu awan sedikit mendung namun tidak begitu gelap. hal itu bukanlah penghalang bagi kami untuk menunda pergi ke sana. segera kami memacu motor dengan kecepatan yang cukup kencang. jalan menuju danau seran sedikit agak sulit saat hari hujan karena jalannnya sebagian masih tanah yang bercampur dengan bebatuan. jadi perlu kehati-hatian.

Selang 20 menitan kamipun sampai disana. di sana kalian di haruskan membawa uang minimal 7000 rupiah/orang yang mana 2000 untuk biaya parkir dan 5000 untuk biaya menyebrangi danau, tak menunggu lama kami membayar prahu klotok untuk menikmati suasana pulau di tengah danau. pulau tersebut lumayan luas dan beberapa tempat wahana air juga di sediakan. di pulau itu di tumbuhi pohon pinus yang menjulang tinggi ke angkasa, jika di lihat dari jauh akan nampak bagimana indahnya danau seran.
danau seran banjarbaru
balum siap di photo

Senja itu suasana danau seran sangat ramai mungkin setiap hari akan seperti itu padahal hari itu bukanlah  hari libur. di sana kami hanya menikmati beberapa minuman yang kami bawa dari rumah sembari mengabadikan moment di danau tersebut. tak sampai 20 menit keberadaan kami di pulau itu , dari kejauhan awan terlihat sangat gelap dan menunjukkan bahwa akan turun hujan deras, dan benar saja, tak sampai 5 menit hujan itu mengguyur danau itu dengan sangat lebatnya, syukurnya di pulau kecil itu ada sebuah pondok tempat penyewaan permainan air. sehingga kami berteduh di situ hingga hujan mereda.
banjarbaru

Tujuan saya pribadi pergi ke danau tersebut hanya untuk menikmati senja dan menyaksikan bagaimana indahnya matahari terbenam dari sudut danau. namun apa daya cuaca tetaplah cuaca yang tak dapat kita atur dan kita tolak. akhirnya senja itu hanya di hiasi dengan derasnya air hujan yang membasahi tiap rongga tanah.

0 komentar: