Air Terjun Itu Bernama “Sambangan”

trans pantai baru
Take a Moment

Berbicara mengenai air terjun , saat ini air terjun tertinggi  di dunia ialah air terjung “Angel” . air terjun angel terletak di Venezuela Amerika Selatan dengan ketinggian 979 meter. Saya fikir air terjun tertinggi di dunia masih di pegang oleh air terjun “Niagara” ternyata itu salah. Air terjun sering di jadikan obyek wisata tersendiri bagi kawasan tertentu tak terkecuali di Indonesia.

Di Indonesia banyak air terjun- air terjun yang indah nan menakjubkan yang mana setiap harinya selalu di jejali oleh pengunjung dalam maupun luar daerah tertentu. Dalam postingan kali ini saya akan memperkenalkan air terjun yang ada di daerah saya, berikut indahnya air terjun desa kami.

Desa kami terletak Trans pantai baru, kecamatan pulau laut tengah, kota baru, Kalimantan selatan. Mayoritas mata pencaharian desa kami adalah bertani dan berkebun. Penduduk desa trans pantaibaru memiliki loyalitas yang tinggi sehingga jarang terdengar adanya tawuran antar kampung.  Desa kami di kelilingi oleh pegunungan yang mulai gundul akibat penebangan liar dan pembukaan lahan. namun, kealamian dari dari hutan  di sekitar kami  masih tetap terjaga. Itulah sedikit gambaran umum desa trans pantai baru.

air terjun sambangan

Di desa trans pantai baru terdapat juga Air tejun yang masih memiliki debit air sangat deras kami menamai Air Terjun itu dengan nama “Sambangan”. Sambangan sendiri memiliki arti mengunjungi  dan nama itu kami ambil dari hasil pemikiran keras dari 6 kepala.

Air terjun sambangan tidak seperti air terjun pada umumnya yang memiliki ketinggian puluhan hingga ratusan meter. Air terjun sambangan di kelilingi oleh batu-batu yang tinggi sehingga para pengunjung bisa terjun dari atas batu-batu tersebut. Perkiraan ketinggian batu tersebut menjacai 4-6 meter.
trans pantaibaru

Keadaan air di air terjun sambangan sangatlah jernih karena air tersebut langsung dari pegunungan sekitar. Bisa di bayangkan bukan bagaimana segarnya jika mandi di air terjun sambangan di kala terik matahari  sangat menyengat. Saya sendiri hanya bisa menyambangai air terjun itu 5 bulan sekali di karenakan harus menyelesaikan studi saya di kampung orang, tapi tak apalah yang penting saya masih bisa menikmati kesegaran alami dari air yang ada di air terjun sambangan.

Jalan menuju lokasi Air terjun sambangan sangatlah mudah namun jika hari hujan bersiaplah berbecek-becek ria karena sebagian jalan menuju air terjun tersebut masih tanah dan bebatuan terjal. air terun sambangan terletak 4 km setelah jalan utama menuju ke kota.
air terjun sambangan


Mari lestarikan dan jaga alam kita, jangan sampai alam marah dengan kita. Berkunjunglan ke Air Terjun “Sambangan” dan nikmati suasana alam yang menyegarkan.

Ini Video atau moment kebersamaan kami saat berada di Air terjun Sambangan.


2 comments:

  1. Wah belum pernah denger apalagi kesini. Jauh sih dari tabalong wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jauh jua lah,,, mun handak ke sambar gelap pian kawa ja singgah ke sini satumat, membasahi awak barang wkwk

      Delete